Profil Saya

Senin, 07 Oktober 2019

Arti Lambang

Arti Lambang

  1. Rumah Adat Minang Dan Kepala Kerbau Mengandung arti :
  1. Adaik Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah. Syarak Mangato, Adaik Mamakai.
  2. Agar Masyarakat Minang Kabau atau Umumnya bangsa Indonesia tahu, Kalau Organisasi Perguruan Seni Beladiri Pencak Silat Persaudaraan Satria Mandiri Muda adalah Salah Satu Perguruan Silat yang berdiri ditanah nagari Ranah Minang Kabau.
   
  1. Lingkaran cahaya putih berbentuk bulan purnama, didatar belakang pada logo rumah adat Minang dan Kepala Kerbau seakan-akan memberi cahaya atau penyinarkan logo tersebut yang Mengandung arti :
  1. Cahaya Yang Selalu Menyinari Dalam Kegelapan.
  2. Kebudayaan dan Tradisi Silat Minang Kabau Khususnya Bangsa Indonesia Tetap Lestari Dalam Cahaya Kebenaran Dan Keimanan.

  1. Sayap Garuda melambangkan kekuatan bangsa Indonesia dan gambar ini dilukiskan dalam tiga warna yaitu warna hitam, kuning, merah adalah warna kebesaran Minangkabau yang menjadi cermin wilayah adat luhak nan tigo. Warna hitam melambangkan luhak Limopuluh koto (aianyo manih ikannyo banyak dan buminyo tawar), warna kuning melambangkan luhak Tanahdatar (aianyo janiah ikannyo jinak dan buminya dingin), warna merah melambangkan luhak Agam (airnyo karuah ikannya lia dan buminya hangat).  

  1. Tangan yang tersusun jari sepuluh mengartikan salam pesilat dengan tujuan silat adalah silaturahmi yang mencari persaudaraan.

  1. Lingkaran delapan sudut yang berwarna putih didalamnya gambar tangan dan lima lingkaran yang terangkai 5 warna artinya adalah landasan sebagai iman dan taqwa untuk membenteng kejujuran dalam bersilat tradisional maupun olahraga.

  1. Lima lingkaran yang terangkai yang berwarna biru, kuning, hitam, hijau, dan merah merupakan lambang International Olympic Committee (IOC) sebagai organisasi keolahragaan internasional tertinggi dimana Silat telah menjadi salah satu cabang Olahraga beladiri yang medunia terdiri lima benua yaitu Eropa, Asia, Afrika, Australia, dan Amerika.

  1. Pita warna merah melambangkan arti keberanian untuk menghadipi kebenaran dimuka bumi ini.

  1. Toya, sepasang tekpi, dan sepasang Pisau Mengandung arti :
Senjata Silat Tradisonal dan mau pun Senjata Pencak Silat Internasonal.

  1. Dasar Logo Berwarna hitam Mengandung arti :
Kekekalan dan keabadian.

  1. Garis warna putih ditepi lambang melandaskan arti kesucian. 
                
  1. Nama Perguruan Pencak Silat Persaudaraan Satria Mandiri Muda Mengandung arti :
Identitas Perguruan.

1 komentar:

  1. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    BalasHapus